Setelah membagikan lirik, sekarang saya akan membagikan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Saya akan membagikan materi tentang menulis surat pembaca dan menulis slogan sesuai konteks.
A. SURAT
PEMBACA
Surat
pembaca adalah surat yang berisi kritikan, masukan, ucapan terima kasih,
imbauan dan sebagainya kepada pihak lain. Surat pembaca digolongkan ke dalam
surat pribadi karena selain ditulis secara pribadi, surat pembaca biasanya
dimuat di surat kabar atau majalah.
Surat
pembaca, pada umumnya berjumlah sekitar tiga hingga lima paragraf. Isi dari
surat pembaca sebaiknya dibuat sejelas mungkin, tidak bertele – tele agar tidak
membingungkan pembaca kelak.
Dalam
penulisannya, sama halnya dengan bentuk surat pribadi, tetapi bahasanya lebih
formal. Masalah yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas. Selain itu
harus serta disertai fakta yang jelas, seperti hari, tanggal, dan waktunya. Sistematika
surat pembaca, minimal ada judul, permasalahan, harapan, nama, dan alamat
pengirim. Hal – hal pokok yang ada dalam surat pembaca, menyangkut jawaban dari
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
(Adik Simba). Surat pembaca harus disertai dengan data diri dan tanda pengenal
yang masih berlaku.
Contoh
Surat pembaca :
Bacalah
ilustrasi berikut !
Salah seorang pengguna Jalan
Pasteur Bandung merasa kesulitan bila hendak menyebrang. Di karenakan volume
kendaraan yang padat dan tidak pernah sepi ditambah lagi laju kendaraan rata –
rata cepat. Salah satu usaha penanganannya adalah menulis surat pembaca dengan
harapan dibuatkan jembatan penyeberangan.
Maka, surat
pembacanya adalah :
Saya pengguna Jalan
Pasteur. Saya merasa kesulitan bila hendak menyeberang karena kendaraan yang
padat dan rata – rata kecepatannya tinggi. Kepada pihak terkait, saya harap
dibuatkan jembatan penyeberangan. Terima Kasih
B. MENULIS SLOGAN SESUAI KONTEKS
Slogan
merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri – ciri
berbeda dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lain. Slogan berisi
penjelasan tujuan atau visi suatu organisasi atau golongan.
Ciri – ciri kalimat slogan :
1. Bahasa yang menarik, mudah dipahami, dan
bersifat persuasif.
2. Isinya singkat dan jelas.
3. Kalimatnya pendek, menarik, dan mudah diingat.
4. Menjelaskan visi, misi, tujuan.
Contoh Slogan :
Bacalah ilustrasi berikut !
Kepala sekolah menghimbau kepada seluruh
warga sekolah jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan
lingkungan sekolah
Maka, slogan yang tepat adalah :
Sampah musuh kita, bersih sahabat kita.
Beberapa contoh slogan :
Ø Jujur
perilakuku tinggi prestasiku.
Ø Membuang
sampah sembarangan perilaku serampangan.
Ø Tanam
pohon sekarang, segar udara kemudian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar