"Annyeonghaseyo^^ Welcome To General Blog :D"

Kamis, 26 Maret 2015

Menulis Surat Pembaca dan Menulis Slogan Sesuai Konteks

Annyeong ^^
Setelah membagikan lirik, sekarang saya akan membagikan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Saya akan membagikan materi tentang menulis surat pembaca dan menulis slogan sesuai konteks.

A. SURAT PEMBACA

Surat pembaca adalah surat yang berisi kritikan, masukan, ucapan terima kasih, imbauan dan sebagainya kepada pihak lain. Surat pembaca digolongkan ke dalam surat pribadi karena selain ditulis secara pribadi, surat pembaca biasanya dimuat di surat kabar atau majalah.
Surat pembaca, pada umumnya berjumlah sekitar tiga hingga lima paragraf. Isi dari surat pembaca sebaiknya dibuat sejelas mungkin, tidak bertele – tele agar tidak membingungkan pembaca kelak.
Dalam penulisannya, sama halnya dengan bentuk surat pribadi, tetapi bahasanya lebih formal. Masalah yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas. Selain itu harus serta disertai fakta yang jelas, seperti hari, tanggal, dan waktunya. Sistematika surat pembaca, minimal ada judul, permasalahan, harapan, nama, dan alamat pengirim. Hal – hal pokok yang ada dalam surat pembaca, menyangkut jawaban dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana (Adik Simba). Surat pembaca harus disertai dengan data diri dan tanda pengenal yang masih berlaku.
Contoh Surat pembaca :
Bacalah ilustrasi berikut !
            Salah seorang pengguna Jalan Pasteur Bandung merasa kesulitan bila hendak menyebrang. Di karenakan volume kendaraan yang padat dan tidak pernah sepi ditambah lagi laju kendaraan rata – rata cepat. Salah satu usaha penanganannya adalah menulis surat pembaca dengan harapan dibuatkan jembatan penyeberangan.

Maka, surat pembacanya adalah :


Saya pengguna Jalan Pasteur. Saya merasa kesulitan bila hendak menyeberang karena kendaraan yang padat dan rata – rata kecepatannya tinggi. Kepada pihak terkait, saya harap dibuatkan jembatan penyeberangan. Terima Kasih

B. MENULIS SLOGAN SESUAI KONTEKS

Slogan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri – ciri berbeda dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lain. Slogan berisi penjelasan tujuan atau visi suatu organisasi atau golongan.
Ciri – ciri kalimat slogan :
          1.     Bahasa yang menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif.
          2.    Isinya singkat dan jelas.
          3.    Kalimatnya pendek, menarik, dan mudah diingat.
          4.    Menjelaskan visi, misi, tujuan.
Contoh Slogan :
Bacalah ilustrasi berikut !
Kepala sekolah menghimbau kepada seluruh warga sekolah jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah

Maka, slogan yang tepat adalah :
Sampah musuh kita, bersih sahabat kita.

Beberapa contoh slogan :
          Ø  Jujur perilakuku tinggi prestasiku.
          Ø  Membuang sampah sembarangan perilaku serampangan.
          Ø  Tanam pohon sekarang, segar udara kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar